The miracles of science™

Select Industry


2011 Indonesia Media Forum

Low Emission Press Briefing (Refinish)

DuPont Refinish Kembangkan Produk Cat Mobil Rendah Emisi

Indonesia, Jakarta, April 21, 2006

Berkembangnya industri otomotif membawa dampak positif terhadap perkembangan bisnis terkait lainnya, seperti cat otomotif, karoseri, serta suku cadang kendaraan. Sehingga kelompok industri ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi bagi suatu negara.

Salah satu industri terkait dengan bisnis otomotif yang turut merasakan dampak positif tersebut adalah cat otomotif refinish. Produk ini memegang peranan yang sangat penting dalam perawatan mobil dan merupakan komponen terpenting untuk mendukung keindahan sebuah kendaraan.

Saat ini terdapat banyak sekali pilihan cat mobil yang beredar di pasar dengan bahan baku yang beraneka ragam pula. Namun, umumnya cat yang tersedia saat ini mempunyai kandungan VOC (Volatile Organic Compound) yang cukup tinggi sehingga sangat berbahaya bagi lingkungan karena mengakibatkan tingkat pencemaran (emisi) yang tinggi. Bahkan dampak merugikan yang ditimbulkan bukan hanya terhadap lingkungan, tetapi juga terhadap produktivitas industri otomotif refinish dan para pekerjanya.

Menyadari pentingnya menjaga keselamatan lingkungan, DuPont Refinish, yang selalu mengedepankan pengembangan teknologi, melakukan terobosan baru dengan meluncurkan produk cat refinish dengan tingkat emisi rendah (LE - Low Emission). Teknologi ini dirancang untuk memenuhi persyaratan ambang batas VOC yang aman bagi lingkungan hidup. Produk-produk berkualitas tinggi ini mencakup Primer (LE-2001/LE-2004/LE-2007), Base Coat (Centari® 6000), dan Clear Coat (HC-7600S, 3200S, 3800S). Kelompok produk LE ini, menurut Toni Liawan, Sales Manager - DuPont Refinish Indonesia, selain tidak mencemari lingkungan, juga sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas industri otomotif refinish dan keselamatan kerja karyawan. :Karena selain proses pengerjaan bisa dilakukan dengan jauh lebih cepat, konsumsi bahan bakunya sangat irit dan hemat energi, juga kesehatan para pekerja lebih terjamin karena tidak menghirup emisi berlebihan selama proses pengecatan," tambah Toni Liawan.

Sebagai bentuk tanggung jawab moral DuPont Refinish terhadap mitra kerjanya, perusahaan juga memberikan bantuan melalui berbagai program kepada industri otomotif refinish, di antaranya : pelatihan teknis, strategi bisnis, manajemen pemasaran. Program ini bertujuan untuk memaksimalkan produktivitas dan pelayanan industri otomotif refinish kepada para pelanggannya.

DuPont Refinish yang secara terus-menerus melakukan inovasi teknologi telah membuktikan bahwa produk teknologi ramah lingkungan ini dapat menjawab kebutuhan peningkatan produktivitas industri otomotif refinish dengan menghemat waktu kerja hingga 40%, meningkatkan utilisasi spraybooth, dan memperluas daya tutup cat. Yang tak kalah penting, menurut Toni Liawan, konsumsi cat dan energi lebih irit sehingga biaya operasional menjadi lebih rendah, dengan kualitas hasil yang prima.

Keseriusan DuPont Refinish menghasilkan produk yang berbasis pada keselamatan lingkungan, sebenarnya sejalan dengan peraturan/regulasi yang akan diterapkan di dunia, khususnya di Uni Eropa. Panascharoen Prasert, Technical Manager - DuPont Refinish Regional, mengatakan bahwa negara-negara di Uni Eropa telah mengeluarkan serangkaian peraturan yang membatasi kadar VOC untuk produk cat refinish.

"Bahkan mulai Januari 2007, semua industri otomotif harus menggunakan produk refinish yang ramah lingkungan," kata Panascharoen Prasert. Selain itu, menurut Panascharoen Prasert, produsen otomotif terbesar di Jepang, seperti Toyota dan Honda, juga sudah menyatakan kesediaannya untuk mulai menggunakan produk ramah lingkungan pada kendaraan mereka.

Untuk memasyarakatkan penggunaan produk cat refinish dengan tingkat emisi yang aman bagi lingkungan, DuPont Refinish sejak 18-20 April 2006 memberikan pelatihan pengecatan dan pengenalan produk kepada para pemain di industri otomotif refinish, mengenai produk LE dalam kaitannya dengan peningkatan produktivitas kerja, antara lain ke Toyota dan Daihatsu (kelompok Astra), Honda Prospect Motor, dan bengkel otomotif professional lainnya.



Tentang DuPont Refinish

DuPont Refinish, salah satu unit usaha dari DuPont yang bergerak di bidang cat otomotif refinish, merupakan produsen cat otomotif terbesar di dunia dan telah menjadi mitra bagi pengembangan dunia otomotif sejak tahun 1924 yang diawali dengan peluncuran produk bermerk Duco®. Dewasa ini, DuPont Refinish telah mempunyai fasilitas produksi yang tersebar di Eropa, Amerika, dan Australia, dengan mempekerjakan lebih dari 1.200 karyawan. Fasilitas produksi tersebut