The miracles of science™

Select Industry


2011 Indonesia Media Forum

PT DuPont Indonesia Pasarkan Padi Hibrida PP1 dan Siap Melepas PP2 di Tahun 2007

Indonesia, Jakarta, October 18, 2006

Pemerintah Indonesia tengah melakukan berbagai upaya untuk mencapai swasembada pangan. Peningkatan produktivitas pertanian menggunakan benih berkualitas dan bersertifikasi telah dipacu, di antaranya dengan pemberian subsidi untuk tiga komoditas pangan strategis, yaitu padi, kedelai, dan jagung.

Peningkatan produksi padi sebagai tanaman penghasil makanan pokok di Indonesia, telah mendapat perhatian khusus, tidak hanya dari pihak pemerintah, namun juga dari kalangan swasta. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi, adalah dengan menggunakan benih padi hibrida.

PT. DuPont Indonesia, yang telah dikenal sebagai salah satu produsen benih jagung hibrida terkemuka di Indonesia dan dunia dengan merek dagang Pioneer, telah lama melakukan penelitian untuk menghasilkan benih padi hibrida unggulan yang dapat memberikan hasil panen tinggi dan berkualitas. Business Manager PT. DuPont Indonesia, Mardahana, mengatakan bahwa pihaknya akan memasarkan padi hibrida Pioneer PP1 pada awal tahun 2007 mendatang. PP1 memiliki banyak keunggulan dibandingkan padi inbrida, di antaranya memiliki hasil panen lebih tinggi yang mencapai 10,4 ton GKG/ha, tanaman kokoh dan keseragamannya baik. Padi PP1 juga memiliki kualitas beras dan nasi yang sangat baik, pulen dan aromatik, sehingga pasti akan disukai oleh konsumen.

PT. DuPont Indonesia adalah salah satu produsen benih yang memproduksi sendiri benih jagung hibridanya di dalam negeri. Dengan dipasarkannya Padi Pioneer PP1, fasilitas produksi yang berlokasi di Malang Jawa Timur tersebut juga telah disiapkan untuk memproduksi benih padi hibrida di dalam negeri.

Selain PP1, PT. DuPont Indonesia juga telah memiliki varietas padi hibrida lainnya yang siap dipasarkan yaitu PP2. Kelebihan dari PP2 adalah disamping memiliki potensi hasil yang tinggi, juga mempunyai sifat tahan kering, sehingga cocok ditanam saat musim kemarau atau pada sawah tadah hujan. PT. DuPont Indonesia, akan selalu melakukan penelitian dan pengembangan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan petani dan konsumen di Indonesia.


Community Development

Dalam pengembangan kawasan pertanian, PT DuPont Indonesia mempunyai program community development yang dikenal dengan Pioneer International Grant. Program hibah ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggap sosial dari perusahaan yang bertujuan membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar daerah pemasaran Pioneer.

Kegiatan Pioneer International Grant di antaranya meliputi : Pengadaan Irigasi di Aceh, Ponorogo dan Malang Jatim, Beasiswa bagi Pelajar Prestasi di Boyolali, Pengadaan Mesin Pengering di Grobogan, Perbaikan Jalan dan Jembatan di Langkat Sumut dan Seluma Bengkulu, Pengadaan handtractor di Blitar dan Kediri dan Penyediaan Air Bersih di Lampung.


Tentang PT DuPont Indonesia

PT. DuPont Indonesia memproduksi dan memasarkan benih jagung hibrida Pioneer sejak tahun 1988 dan merupakan pemimpin pasar dalam industri benih jagung hibrida di Indonesia. PT. DuPont Indonesia telah melepas 23 varietas benih jagung hibrida Pioneer, sedangkan varietas yang masih diproduksi dan dipasarkan adalah varietas P7, P11, P12, P13, P21, dan P23. Saat ini, PT. DuPont Indonesia juga telah mengembangkan dan akan memasarkan padi hibrida Pioneer PP1 dan PP2.

Pioneer Hi-bred International, Inc., adalah anak perusahaan DuPont, merupakan pengembang dan pemasok genetika tanaman terkemuka untuk para petani di seluruh dunia.

DuPont adalah perusahaan ilmu pengetahuan. Berdiri pada tahun 1802, DuPont menerapkan sains dalam kegiatannya dengan menciptakan solusi yang berkesinambungan yang dibutuhkan untuk terciptanya kehidupan yang lebih baik, aman dan sehat bagi orang-orang di manapun. Beroperasi di lebih dari 70 negara, DuPont menawarkan berbagai produk dan layanan yang inovatif bagi konsumen, terutama di bidang pertanian, pangan, elektronik, komunikasi, keselamatan kerja dan pencegahannya, perumahan, konstruksi dan transportasi


Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:
Tri Koentjoro
Sales Development Manager
PT. DuPont Indonesia
Telp: (021) 527 8988 / 0811 – 19 61 33
Fax: (021) 5278987