The miracles of science™

Select Industry


2011 Indonesia Media Forum

Bantuan Alat Pertanian Dari Pioneer Untuk Petani Tulungagung

Indonesia, August 8, 2007

Teknologi dalam bidang pertanian, saat ini adalah hal yang mutlak diperlukan oleh petani untuk meningkatkan hasil panennya. Pengolahan lahan menggunakan alat pertanian modern pada masa bercocok tanam sangat penting untuk mempercepat proses persiapan tanam dan memaksimalkan kualitas lahan pertanian.

PT. DuPont Indonesia, produsen benih jagung hibrida Pioneer, sangat memahami kebutuhan petani terhadap teknologi alat pertanian.  Pioneer International Grant Program, sebuah community development program yang dikelola oleh
Pioneer Hi-Bred International di Amerika Serikat telah memberikan bantuan dana bagi petani jagung di Desa Pinggirsari  – Ngantru Tulungagung, Jawa Timur.  Bantuan tersebut digunakan untuk pengadaan alat Hand Tractor senilai USD. 3,430.

Hibah yang diberikan oleh Pioneer di Indonesia ini adalah bentuk dari program PIONEER PEDULI PETANI INDONESIA.  Secara berkala Pioneer akan menelaah kebutuhan para petani dalam bidang pertanian, untuk kemudiakan direalisasikan dalam bantuan yang akan diberikan.

Secara simbolis, bantuan hand tractor diberikan oleh perwakilan PT. DuPont Indonesia Bpk. Ir. Rulik S. Ahmadi selaku National Agronomy Manager kepada Bupati Ka. Daerah Tk. II Tulungagung Ir. Heru Cahyono, MM. MM.  Rulik mengatakan bahwa bantuan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan hasil panen petani dengan penggunaan alat- alat persiapan tanam yang memadai. Dengan tercapainya hasil panen yang maksimal, diharapkan kesejahteraan petanipun akan turut meningkat.

Bantuan hand tractor tersebut selanjutnya akan dikelola oleh Kelompok Tani Harapan, Desa Pinggirsari Kecamatan Ngantru Tulungagung. Selain digunakan oleh para anggota masing- masing kelompok tani, hand tractor tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh petani setempat untuk pengolahan lahan pertanian mereka.
 
Acara penyerahan bantuan Pioneer Grant dihadiri oleh 500 petani undangan baik dari sekitar Desa Pinggirsari,  Turut hadir adalah para Kepala Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Muspida, Muspika, para Kepada Desa Kecamatan Ngantru, dan KTNA Ngantru.  Pada kesempatan yang sama, diadakan hiburan campursari, lomba pipil jagung hibrida Pioneer P21, lomba makan jagung, dan lomba panjat pinang yang diikuti para petani.  Jagung hibrida P21 memiliki ketahanan yang baik terhadap kekeringan dan memiliki potensi hasil tinggi, mencapai 13.3 ton pipilan kering / Ha, sehingga jagung ini sangat cocok dan disukai oleh petani jagung di Jawa Timur.


Tentang PT DuPont Indonesia

PT. DuPont Indonesia memproduksi dan memasarkan benih jagung hibrida Pioneer sejak  tahun 1988 dan merupakan pemimpin pasar dalam industri benih jagung hibrida di Indonesia. PT. DuPont Indonesia telah melepas 23 varietas benih jagung hibrida Pioneer, sedangkan varietas yang masih diproduksi dan dipasarkan adalah varietas P7, P11, P12, P13, P21, dan P23.  Saat ini, PT. DuPont Indonesia juga telah mengembangkan dan  memasarkan padi hibrida Pioneer PP1.

Pioneer Hi-bred International, Inc., adalah anak perusahaan DuPont, merupakan pengembang dan pemasok genetika tanaman terkemuka untuk para petani di seluruh dunia.

DuPont adalah perusahaan ilmu pengetahuan. Berdiri pada tahun 1802, DuPont menerapkan sains dalam kegiatannya dengan menciptakan solusi yang berkesinambungan yang dibutuhkan untuk terciptanya kehidupan yang lebih baik, aman dan sehat bagi orang-orang di manapun. Beroperasi di lebih dari 70 negara, DuPont menawarkan berbagai produk dan layanan yang inovatif bagi konsumen, terutama  di bidang  pertanian, pangan, elektronik, komunikasi, keselamatan kerja dan pencegahannya, perumahan, konstruksi dan transportasi


Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:

Tri Koentjoro
Sales Development Manager
PT. DuPont Indonesia
Telp: (021) 780 2371 / 0811 – 19 61 33
Fax: (021) 780 2785