The miracles of science™

Select Industry


2011 Indonesia Media Forum

Bantuan Mesin Pipil Dari Pioneer, Tingkatkan Kualitas Panen Petani Banyuwangi

Indonesia, August 31, 2007

Kualitas hasil panen jagung sangat menentukan harga jual dan pendapatan petani.  Kemudahan saat panen dan fasilitas pasca panen yang memadai akan membantu petani memperoleh kualitas jagung dan harga jual yang maksimal.  

Pioneer International Grant Program, sebuah community development program yang dikelola oleh Pioneer Hi-Bred International di Amerika Serikat telah memberikan bantuan dana bagi petani jagung di Desa Pesanggaran, Sumberagung - Banyuwangi. Bantuan tersebut digunakan untuk pengadaan mesin pipil mobile dengan kapasitas 3 MT/jam atau 30 MT/hari.

Melalui PT. DuPont Indonesia, Pioneer memberikan bantuan sebesar
USD 4,200 kepada Kelompok Tani Sarikat Tani Mandiri yang mengelola bantuan tersebut. Menurut petani setempat, kualitas mesin pipil baru tersebut sangat baik, dengan hasil pipil yang bersih.  Petani dapat lebih cepat melakukan proses pasca panen selanjutnya yaitu pengeringan jagung, sebelum dijual ke pedagang.

Bayu Kusuma Hendarto, District Sales Manager PT. DuPont Indonesia Wilayah Jawa Timur, mengatakan bahwa bantuan fasilitas pasca panen berupa mesin pipil jagung portable ini bertujuan untuk memudahkan petani dalam proses pasca panen. Dengan meningkatnya kualitas jagung pipil yang dihasilkan, harga jual di tingkat petani akan membaik, sehingga pendapatan petani akan meningkat pula.


Lomba Pipil P21

Bersamaan dengan acara penyerahan bantuan mesin pipil tersebut, juga diadakan lomba pipil jagung hibrida P21 dan pertunjukan kesenian daerah aseli Banyuwangi yaitu Jaranan dan Janger.

Jagung Hibrida P21 memiliki banyak keunggulan yaitu potensi hasil yang tinggi yaitu 13,3 ton/ha. P21 memiliki bentuk tongkol yang baik yang ditunjukkan dengan klobot menutup sempurna sehingga akan menjamin hasil panen yang lebih baik. Tipe biji mutiara, tongkol terisi penuh sampai pucuk tongkol (muput) dan janggel kecil sehingga rendemen tinggi. P21 tidak memerlukan banyak air, tahan terhadap kekeringan, tapi juga sangat bagus di tanam pada musim hujan, memiliki perakaran yang kokoh dan ketahanan yang baik terhadap beberapa penyakit tanaman jagung


Tentang PT DuPont Indonesia

PT. DuPont Indonesia memproduksi dan memasarkan benih jagung hibrida Pioneer sejak  tahun 1988 dan merupakan pemimpin pasar dalam industri benih jagung hibrida di Indonesia. PT. DuPont Indonesia telah melepas 23 varietas benih jagung hibrida Pioneer, sedangkan varietas yang masih diproduksi dan dipasarkan adalah varietas P7, P11, P12, P13, P21, dan P23. Pada tahun 2007, PT. DuPont Indonesia mulai memasarkan padi hibrida PP1 dan melepas padi hibrida PP2.

Pioneer Hi-bred International, Inc., adalah anak perusahaan DuPont, merupakan pengembang dan pemasok genetika tanaman terkemuka untuk para petani di seluruh dunia.

DuPont adalah perusahaan ilmu pengetahuan. Berdiri pada tahun 1802, DuPont menerapkan sains dalam kegiatannya dengan menciptakan solusi yang berkesinambungan yang dibutuhkan untuk terciptanya kehidupan yang lebih baik, aman dan sehat bagi orang-orang di manapun. Beroperasi di lebih dari 70 negara, DuPont menawarkan berbagai produk dan layanan yang inovatif bagi konsumen, terutama  di bidang  pertanian, pangan, elektronik, komunikasi, keselamatan kerja dan pencegahannya, perumahan, konstruksi dan transportasi


Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:

Tri Koentjoro
Sales Development Manager

PT. DuPont Indonesia
Beltway Office Park Building A, 5th Floor
Jln Ampera Raya No. 9-10
Jakarta 12550 Indonesia

Tel: 62-21 7802371
Fax : 62-21 7802785